"TIPS SUKSES PERSIAPAN SEBELUM PROGRAM IVF"

Begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita, untuk itu disarankan mengikuti gaya hidup sehat ketika mencoba untuk hamil. Sebelum melakukan program hamil IVF sebaiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

Begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi kesuburan wanita, untuk itu disarankan mengikuti gaya hidup sehat ketika mencoba untuk hamil. Sebelum melakukan program hamil IVF sebaiknya memperhatikan beberapa hal dibawah ini :

 

a.    Mengendalikan berat badan

Bagi wanita yang ingin hamil, kelebihan berat badan dapat mempengaruhi peluang untuk hamil. Sehingga perlu dilakukan penurunan berat badan. Namun, menurunkan berat badan membutuhkan komitmen yang serius, yang melibatkan perubahan dalam diet dan latihan.

Sebaiknya sebelum mencoba menambah atau mengurangi berat badan, terlebih dahulu berkonsultasi dengan penyedia layanan kesehatan Anda untuk menemukan program penurunan berat badan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

b.    Tidak mengkonsumsi alkohol

Beberapa penelitian menunjukkan penurunan kesuburan pada wanita yang mengkonsumsi minuman beralkohol ringan hingga sedang per minggu (antara enam dan dua belas). Oleh karena itu, demi keamanan, dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol ketika mencoba untuk hamil.


c.    Berhenti mengkonsumsi Asupan kafein

Jika Anda mencoba untuk hamil atau sudah hamil, disarankan untuk menghentikan konsumsi asupan yang mengandung kafein seperti kopi, teh atau minuman berkafein lainnya untuk membantu memastikan bahwa kesuburan dan kehamilan tidak terganggu selama mengikuti program hamil.

d.    Tidak mengkonsumsi obatan terlarang

Tidak hanya di dalam kehidupan sehari-hari, obatan terlarang seperti narkoba, psikotropika dan zat aditif lainnya sangat berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga dalam proses persiapan untuk hamil. Oleh karena itu, jika ingin memulai program kehamilan, Anda tidak boleh mengkonsumsi obatan terlarang tersebut.

e.    Tidak mengkonsumsi obat lainnya tanpa konfirmasi penyedia layanan kesehatan Anda

Sebelum memulai program, Anda tidak boleh mengkonsumsi obat – obat lainnya tanpa konfirmasi dokter atau penyedia layanan kesehatan anda terlebih dahulu. Karena dikhawatirkan obat tersebut mengandung komposisi yang mengurangi tingkat kesuburan.

f.     Mengurangi stres

Perawatan kesuburan bisa sangat menegangkan, oleh karena itu menemukan cara untuk mengelola dan mengurangi stres sangatlah penting. Ketika menyangkut stres, setiap orang memiliki kadar stress yang berbeda jadi Anda harus menemukan metode yang paling sesuai untuk Anda.Mengadopsi teknik menenangkan stress sebelum perawatan sangat penting, terutama jika Anda memiliki toleransi yang rendah untuk kejadian yang menimbulkan stres.

g.    Melakukan olahraga setiap hari

Anda harus melakukan olahraga teratur setiap hari agar melancarkan peredaran darah dan membantu terjadinya ovulasi secara sehat dan tepat waktu.

Namun, ada olahraga yang tidak dianjurkan misalnya bersepeda. Olahraga teratur yang dianjurkan yaitu berjalan selama 5-15 menit, berenang, Pulling down 5 menit dan olahraga ringan lainnya.