Pengaruh Kegemukan Terhadap Ketidaksuburan Wanita

Pengaruh Kegemukan Terhadap Ketidaksuburan Wanita

Kegemukan dan obesitas ternyata juga berperan dalam ketidaksuburan wanita dan IVF.

Hal tersebut dapat meningkatkan risiko siklus menstruasi yang tidak teratur, yang pada akhirnya menurunkan kesuburan

Sebuah studi menemukan bahwa wanita yang mengalami obesitas jauh lebih kecil kemungkinannya untuk hamil dalam satu tahun setelah menghentikan penggunaan kontrasepsi dibandingkan wanita dengan kisaran berat badan normal (66,4% wanita obesitas hamil dalam 12 bulan, dibandingkan dengan 81,4% wanita dengan berat badan normal).

Sebagai tolak ukur normal atau tidaknya berat badan seseorang dapat dilukur dengan perbandingan berat badan/(tinggi badan dipangkat 2) atau lebih dikenal dengan Indeks Massa Tubuh/Body Mass Index.

Angka IMT normal adalah 18,5-24,9. Dengan peluang hamil terbaik di rentang 20-25. Wanita yang terlalu kurus (IMT <20) atau berlebih (IMT >25) memiliki peluang kehamilan 18% lebih rendah daripada wanita dengan berat badan ideal.

Wanita yang kelebihan berat badan sebaiknya lebih peduli dan memahami akan pentingnya penurunan berat badan dan harus terdorong untuk menurunkan berat badan sebelum hal tersebut dapat mempengaruhi kesuburannya.

Wanita dengan kelebihan berat badan juga memiliki hasil reproduksi yang buruk dalam pembuahan alami maupun dibantu. Hasil reproduksi yang buruk ini termasuk reproduksi terbantu seperti induksi ovulasi, fertilisasi in vitro / injeksi sperma intrasitoplasma (IVF / ICSI)

Obesitas dan kegemukan dapat menurunkan tingkat keberhasilan IVF. Secara khusus, dosis gonadotrofin yang lebih tinggi (hormon yang diberikan melalui suntikan untuk merangsang ovarium menghasilkan telur) diperlukan, respons terhadap rangsangan ovarium mungkin buruk, dan lebih sedikit telur yang dapat dipanen. Selanjutnya, tingkat pembuahan lebih rendah, kualitas embrio lebih rendah dan tingkat keguguran lebih tinggi.

Sumber:

Dağ, Zeynep dan Dilbaz. 2015. Turkish german gynecological association.

International journal of obesity and related metabolic disorders.